Turki Investasi Pertambangan di Sumsel

Setelah India menanamkan modalnya di Sumsel, kini giliran Turki melirik dan berinvestasi dibidang pertambangan dan energi. Sebagai wujud kongret kerjasama ini, Gubernur Sumsel Ir H Alex Noerdin, SH menandantangai Nota Kesepahaman (MoU) dengan CEO perusahaan tambang Turki, Mr Amir Hitay disaksikan dua kepala negara masing-masing.
Penandatangan MoU dilakukan di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Selasa (5/4) kemarin. Menariknya, kedua pimpinan kepala negara, yakni Presiden RI SBY dan Presiden Republik Turki Mr Abdullah Gul. Dimana keduanya hadir di Forum Bisnis antara Indonesia dan Turki.
Selain dihadiri kedua kepala negara, acara itu juga dihadiri sejumlah Menteri dan pelaku usaha, seperti Menko Perekonomian Hatta Hatta Rajasa, Menhut Zulkifli Hasan dan Menkop Syarif Hasan serta Kepala BKPM Gita Wiryawan dan pejabat dari Pemprov Sumsel.
Ditemui di acara Musrenbang di Hotel Novotel, Rabu (6/4) Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan
Kerjasama yang dibangun antara Pemprov Sumsel dengan Investor Turki, mengarah di bidang Energi Panas Bumi karena panas bumi Indonesia terbesar ke-2 di dunia setelah Amerika yang memiliki kandungan sekitar 40 persen panas bumi dunia. Dikatakan, 70 persen dari panas bumi yang ada di Indonesia, itu berdada di Kecamatan Rantau Dedap Kabupaten Muara Enim.
Dengan potensi ini, ungkap Alex Noerdin, investor Turki tertarik karena selain Sumsel memiliki panas bumi terbesar di Indonesia juga karena Iklim Investasi sangat Kondusif dengan terjaminya keamanan dan ketertiban serta perizinan yang merupakan salah persyaratan yang diminta para Investor.
"Insya Allah dengan banyaknya investasi yang masuk ke Sumsel, kita akan lebih cepat mengejar ketertinggalan kita dengan Provinsi lain dan Sumsel Gemilang betul betul bisa terwujud," ujarnya.
Dalam waktu dekat ini, Investor Turki akan segera berkunjung ke Sumsel untuk menindaklanjuti MoU yang telah ditandatangani kedua belah pihak ini. "Kami mohon doa dan dukungan masyarakat Sumsel. Mari kita buktikan, Sumsel nyaman dan aman bagi siapa pun," ungkap Alex Noerdin mengajak peran aktif masyarakat menjaga Sumsel tetap kondusif.


Artikel Terkait Lainnya:

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...